Kursus Komputer Klaten

Apa yang dimaksud dengan administrasi perkantoran?

Pengertian Administrasi Perkantoran ialah serangkaian kegiatan rutin di dalam sebuah organisasi yang bersangkutan dengan pengelolaan data dan informasi untuk menjangkau tujuan organisasi itu secara sistematik.

Secara etimologi kata Administrasi berasal dari bahasa Latin, yakni Ad yang dengan kata lain intensif dan ministrare atau dalam bahasa Indonesia berarti membantu, melayani, atau memenuhi.

Definisi administrasi perkantoran dalam makna sempit ialah semua pekerjaan teknis dan punya peranan pokok dalam pelaksanaan pekerjaan operatif, menyajikan laporan pada direksi, serta berperan dalam membuat organisasi perusahaan yang lebih efektif.

Sedangkan dalam makna luas, administrasi perkantoran dapat ditafsirkan sebagai kegiatan perencanaan, mengorganisir, mengarahkan, menyelenggarakan, serta mengawasi sekian banyak pekerjaan yang bersangkutan dengan ruang lingkup di kantor dan tata usaha yang tertib.

Lampung 

ITech Course, Jl. Kiai H. Ahmad Dahlan No.1, Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung 34111
Telp. (0725) 44430
HP. 0853 57000 144
WA. 0821 77066 400

Jawa Barat

1. Nurul Fikri & Indonesian Technology
Jl. Setu Indah No.116, Tugu, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16451
2. Indonesian Technology Bekasi 
Jl. Balai Desa No 28 , Jatirasa , Jati Rasa Bekasi jawa barat
WA / TELP : 08127988210
3. Kampus Indonesian Technology & Citra Telematika
Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka Telp. (0233) 8281236
HP. 085216667297
email : info@citra-telematika.com

DKI Jakarta 

Kampus Indonesian Technology & PT In IT

Jl. Pluit Karang Ayu 1, RT.20/RW.2, Pluit, Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450

TELP / WA : 081127988210

Jawa Tengah 

Kampus Elmuna & Indonesian Technology  Jln. Soka-Pertanahan, Km 6 No. 10, Klirong, Plumbon, Klegenwonosari, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54381

Cs telp dan WA 087737953747 /087837973541

Telepon: (0287) 5505077

Tujuan Administrasi Perkantoran
Seperti yang dilafalkan pada definisi administrasi perkantoran di atas, secara umum destinasi dari proses manajemen perkantoran ini ialah agar destinasi perusahaan dapat terjangkau secara efektif dan tepat guna serta mengisi syarat dari segi teknis, ekonomi, dan psikologis.

Teknis; memiliki guna dan daya guna.
Ekonomis; harganya layak atau cocok dengan yang seharusnya.
Psikologis; menyerahkan kepuasan.
Berikut ini ialah tujuan administrasi perkantoran secara lengkap:

1.Menyediakan data dan informasi secara lengkap untuk pihak-pihak yang memerlukan untuk pengamalan tugas organisasi secara efektif dan efisien.
2.Melakukan pengawasan kegiatan kantor dan administrasi supaya dapat meyakinkan terlaksananya standar kualitas, tenggat waktu, serta formalitas yang tepat.
3.Menerapkan kepandaian perusahaan atau departemen dan menyerahkan standar pelayanan dalam kaitannya dengan manajemen.
4.Berdiskusi dengan karyawan tentang prestasi kerja guna mengidentifikasi masalah dan penyebabnya, serta berupaya untuk menuntaskan masalah tersebut.
5.Memberikan pelatihan atau perintah kerja untuk pegawai.
6.Melakukan verifikasi, pemantauan, serta penilaian kerja dengan menciptakan laporan bersangkutan pekerjaan produksi, pengiriman, dan penggajian.
7.Melakukan proses perekrutan karyawan, mulai dari wawancara sampai memilih pegawai.
8.Menafsirkan dan mengomunikasikan semua formalitas kerja dan kepandaian perusahaan untuk para pegawai.

Fungsi Administrasi Perkantoran
Secara umum terdapat lima faedah administrasi perkantoran dalam kaitanya dengan operasional sebuah organisasi. Berikut ini ialah uraian faedah administrasi perkantoran tersebut:

Fungsi Rutin, yaitu faedah administrasi yang membutuhkan pemikiran minimal merangkum pengarsipan dan penggandaan.
Fungsi Teknis, yaitu faedah administrasi yang membutuhkan pendapat, keputusan, serta kemampuan perkantoran yang mumpuni.
Fungsi Analis, yaitu faedah administrasi yang membutuhkan cara beranggapan kritis dan kreatif serta keterampilan memutuskan sesuatu dengan cepat dan tepat.
Fungsi Interpersonal, yaitu faedah administrasi yang membutuhkan analisis dan evaluasi sebagai dasar dalam menyimpulkan sesuatu serta kemampuan dalam berkomunikasi dengan orang lain.
Fungsi Manajerial, yaitu faedah administrasi yang membutuhkan perencanaan, pengorganisasian, pengukuran, menyerahkan motivasi.

Please rate this

Kristi Aprilyana
Kristi Aprilyana