Kepoin Yuk!!! Sejarah Teknologi dan Internet Nirkabel

Kepoin Yuk!!! Sejarah Teknologi dan Internet Nirkabel

Sejarah Teknologi dan Internet Nirkabel

 

Nirkabel (WiFi)

 

Sejarah

Dengan radio yang dipakai untuk komunikasi nirkabel di era Perang Dunia, semua ilmuwan dan penemu mulai berkonsentrasi pada teknik untuk mengembangkan telepon nirkabel. Radio pertama digunakan untuk konsumen pada pertengahan 1980-an,  dan tak lama itu telepon nirkabel atau telepon seluler mulai muncul. Pada akhir 1990-an, telepon seluler menjadi paling terkenal dengan lebih dari 50 juta pemakai di semua dunia. Kemudian konsep internet nirkabel dan kemungkinannya diperhitungkan. Akhirnya, teknologi internet nirkabel muncul. Ini memberi dorongan untuk pertumbuhan teknologi nirkabel, yang muncul dalam berbagai format saat ini.

Aplikasi Teknologi Nirkabel

Pesatnya peradaban teknologi nirkabel mengarah pada penemuan ponsel yang memakai gelombang radio guna memungkinkan komunikasi dari sekian banyak lokasi di semua dunia. Aplikasi teknologi nirkabel kini berkisar dari komunikasi data nirkabel di sekian banyak bidang tergolong obat-obatan, militer dll guna transfer energi nirkabel dan antarmuka nirkabel periferal komputer. Point to point, point to multipoint, broadcasting dll semua akan terasa mudah dengan pemakaian nirkabel.

Teknologi Wi-Fi yang paling tidak sedikit digunakan ialah Bluetooth, yang memakai transmisi radio gelombang pendek guna menghubungkan dan berkomunikasi dengan perlengkapan elektronik beda yang kompatibel. Teknologi nirkabel digunakan:

· Saat bepergian

· Di Hotel

· Dalam Bisnis

· Dalam komunikasi seluler dan suara

· Dalam jaringan Rumah

· Dalam sistem Navigasi

· Dalam konsol gim video

· Dalam sistem kontrol kualitas

Manfaat terbesar dari Wireless atau Wi-Fi ialah portabilitas. Bagi jarak antar perlengkapan yang pemasangan kabelnya bukan opsi, teknologi seperti Wi-Fi bisa digunakan. Komunikasi Wi-fi pun dapat meluangkan sebagai tautan komunikasi cadangan andai terjadi kegagalan jaringan. Seseorang bahkan dapat memakai teknologi nirkabel untuk memakai layanan data bahkan andai dia terjebak di tengah lautan. Namun, Wireless masih mempunyai waktu respons yang lebih lambat dikomparasikan dengan komunikasi kabel dan antarmuka.

Kemajuan teknologi Nirkabel

Komunikasi data nirkabel kini muncul dalam teknologi yakni Wi-Fi (jaringan lokasi lokal nirkabel), layanan data seluler laksana GPRS, EDGE dan 3G, 4G, dan komunikasi satelit seluler. Komunikasi point-to-point ialah masalah besar dasawarsa lalu. Tapi sekarang, point-to-multipoint dan streaming data nirkabel ke sejumlah perangkat yang terhubung secara nirkabel dapat dimungkinkan. Jaringan individu komputer kini dapat diciptakan menggunakan Wi-Fi, yang juga memungkinkan layanan data untuk diberikan oleh sejumlah sistem yang terhubung ke jaringan.

Teknologi nirkabel mempunyai kecepatan 5 ghz dan keterampilan transmisi lumayan mahal saat diciptakan. Tapi sekarang, nyaris semua ponsel dan komputer mini datang dengan teknologi seperti Wi-Fi dan Bluetooth, meskipun dengan kecepatan transfer data variabel. Nirkabel sudah berkembang ke tingkat seperti itu, di mana bahkan ponsel dapat beraksi sebagai hotspot Wi-Fi, memungkinkan handset atau komputer yang  berbeda dapat terhubung ke handset hotspot Wi-Fi tertentu, bisa berbagi layanan data seluler dan informasi lainnya. Streaming data audio dan video secara nirkabel dari telepon seluler ke TV atau komputer sekarang juga sangat mudah.

Teknologi nirkabel saat ini sangat mudah digunakan sebab tidak terdapat kabel yang terlibat. Terlepas dari jaringan lokasi lokal, bahkan jaringan Area Metropolitan telah mulai memakai teknologi Wi-fi (WMAN) dan Peralatan Pelanggan (CPE). Penerbangan, Transportasi dan Militer juga tak luput sebagai pemakai teknologi nirkabel dalam format komunikasi satelit.

Please rate this

Ajeng
Ajeng