Seminar Uji Kompetensi Komputer 2014

Mar 07 2015 Admin seminar,
ITech - Seminar UK Komputer

Direktur LSK-TIK (Janis Hendratet), Direktur LKP ITECH COURSE (Elda S Tambara), Kasi Dikmas Kota Metro (Rivian Hadi), Ketua HIPKI DPD Lampung (Anwar Rahman), Direktur Utama BPR Inti Dana (Dismas Irawan).

Tepat 3 bulan yang lalu, Kota Metro dikejutkan dengan Seminar Uji Kompetensi Komputer yang diselenggarakan oleh LKP ITECH COURSE Sabtu 24 November 2014 di Gedung Wanita Metro.

Seminar yang dihadiri oleh 415 peserta yang terdiri dari 21% (78 orang) dari unsur Guru / Pendidik SD dan SMA, 28% (105 orang) dari mahasiswa, dan 51% (196 orang) dari pelajar level SLTA, berjalan sukses dan mencapai tujuan utamanya yaitu sebagai sosialisasi keberadaan Sertifikasi Kompetensi Komputer dan Tempat Uji Kompetensi Komputer di Kota Metro.

Acara seminar sangat menarik peserta yang hadir, walaupun harus mendengarkan sesi seminar dari jam 9 pagi hingga jam 2 siang. Seminar dibuka secara resmi oleh Kasi Dikmas Pendidikan Non Formal (PNF) yaitu Bapak Rivian Hadi, M.Pd. yang mengetengahkan keberhasilan pembinaan dari disdikbudpora pada bidang PNF dengan adanya Tempat Uji Kompetensi TIK di Kota Metro, selain bidang Otomotif dan Menjahit. Tempat Uji Kompetensi adalah sarana bagi masyarakat Kota Metro untuk kepastian mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik, sejogjanya dimanfaatkan secara maksimal oleh lembaga pendidikan formal tingkat SLTA dan perguruan tinggi, dan juga lembaga pendidikan non formal yaitu kursus dan pelatihan.

Sambutan dari Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) yang diwakili dari Direktur Utama BPR Inti Dana Sentosa yaitu Bp Dismas Irawan dan Ketua HIPKI DPD Lampung yaitu Bp Anwar Rahman, M.Pd., yang mengetengahkan pentingnya kompetensi bagi seseorang untuk masuk dalam dunia kerja, dan jaminan kompetensi itu melalui berbagai sertifikasi yang telah ada di masyarakat.

Pembicara utama pada seminar ini adalah Direktur Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) TIK (komputer) sendiri yaitu Bp Janis Hendratet yang khusus datang dari Jakarta demi suksesnya acara ini. Pemerintah melalui Dinas Pendidikan pusat sudah mengupayakan sertifikat kompetensi sebagai wujud nyata untuk kompetisi bangsa Indonesia dalam era globalisasi, dengan mendirikan LSK. Sertifikat Kompetensi baru diberikan setelah seseorang lulus Uji Kompetensi yang dilaksanakan oleh LSK. Bapak Janis menjelaskan dengan sangat menarik bahwasannya Kompeten itu muncul setelah seseorang memiliki SKILL dan ATTITUDE yang baik, dan Uji Kompetensi yang dilaksanakan oleh LSK sudah dapat mengukur skill dan attitude yang baik itu menurut standar SKKNI dan SKL.

Peserta mendapatkan sesi tanya jawab langsung dengan Pembicara Utama pada sesi siang, yang diutarakan dari perwakilan guru, pendidik, dan pengelola pendidikan. Pertanyaan mengacu pada bagaimana Uji Kompetensi dapat juga mereka terapkan pada anak didik mereka, propek kegiatan uji kompetensi ini dimasa depan, dan manfaat apa yang didapatkan dari seseorang yang memiliki Sertifikat Kompetensi.

Seminar ini secara meriah ditutup dengan penarikan doorprice yang diberikan oleh LKP ITECH COURSE dan salah satu sponsornya yaitu Indosat. Doorprice utama yang disediakan memang sangat ditunggu peserta seminar yaitu 3 buah handphone, diberikan kepada 1 SLTA, 1 mahasiswa, dan 1 guru.

Akhirnya seminar ini berhasil dilaksanakan sesuai dengan tujuannya yang disampaikan oleh Ketua Panitia seminar yang sekaligus juga sebagai Direktur ITECH COURSE / Ketua TUK-TIK ITECH COURSE yaitu Ibu Elda Susilowaty Tambara, S.Kom., M.Acc., saat pembukaan acara yaitu memberikan karya nyata bagi Kota Metro sebagai kota pendidikan yang tidak hanya slogan tetapi dapat betul-betul memberikan pendidikan berkualitas bagi masyarakat Indonesia khususnya di propinsi Lampung. Melalui TUK-TIK ITECH COURSE berkomitmen untuk meluluskan seluruh peserta didiknya dengan Sertifikat Kompetensi Nasional, dan akan terus mendorong lembaga pendidikan lain untuk mengupayakan Sertifikat Kompetensi Nasional demi tercapainya kualitas pendidikan.